IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Hadi Rianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran terhadap bentuk-bentuk nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, pengimplementasian nilai kemanusiaan yang adil dan beradab di lingkungan sekolah, dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengintegrasian nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bentuk-bentuk nilai kemanusiaan yang adil dan beradab tergambar dengan jelas bahwa siswa memiliki kepribadian mandiri, peduli kepada sesama, menjaga lingkungan, menjaga semangat kebersamaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan organisasi. Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas yang terintegrasi dalam mata pelajaran kelompok pengembangan kepribadian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab adalah keteladanan guru dan pembina, tanggung jawab, dan kedisiplinan.

Kata Kunci: Implementasi Nilai, Kemanusiaan, adil dan beradab.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302