Konstruksi Pembelajaran PPKn Menggunakan Metode Pengajaran Kasus untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Hadi Rianto IKIP PGRI Pontianak
  • Beni Arianti SMPN 8 Sungai Kakap

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.980

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk memecahkan masalah kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan melalui pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pengajaran kasus, dengan menitik beratkan pada aktivitas belajar (berpikir) siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VII B SMPN 8Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Berdasarkan hasil analisa data dan mempertimbangkan temuan-temuan yang diperoleh saat penelitian tindakan dilaksanakan, maka hasil dari penelitian ini adalah 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan menggunakan model pengajaran langsung 2) Perubahan kemampuan berpikir siswa yang ditandai dengan perubahan dari kemampuan berpikir sederhana yang terkesan bermain-main saat pembelajaran berlangsung, menjadi aktivitas belajar yang positif dengan memusatkan kemampuan berpikir menuju kearah berpikir kritis, 3) Adanya perubahan pemahaman pada konsep materi pelajaran yang ditunjukkan dengan keberanian siswa mengemukakan ide dan pendapat pada saat pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Rianto, H. and Arianti, B. (2018) “Konstruksi Pembelajaran PPKn Menggunakan Metode Pengajaran Kasus untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), pp. 244–254. doi: 10.31571/sosial.v5i2.980.