STUDI KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

Authors

  • Yuline Yuline Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2791

Keywords:

bimbingan konseling, kecerdasan interpersonal, faktor pendukung dan upaya,

Abstract

Penelitian tentang studi kecerdasan interpersonal pada mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kecerdasan interpersonal, faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal dan upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu pengembangan kecerdasan interpersonal pada mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNTAN Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan bentuk penelitian survay. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Bimbingan dan Konseling angktan 2016/2017 kecerdasan interpersonalnya secara umum memperoleh skor 70,82 %  dengan kategori baik, namun ada beberapa indikator yang masih memperoleh skor cukup yaitu indikator mampu membentuk hubungan sosial yang baru skor 67,37 % dan indikator kemampuan komunikasi verbal skor 66,46% dan non verbal skor 65, 48%. Sedangkan indikator yang tergolong baik adalah mampu berempati memperoleh skor 75,50 %, mampu mempertahankan hubungan sosial memperoleh skor 75,60 %. Artinya bahwa mahasiswa Bimbingan dan Konseling sudah memiliki kemampuan berempati, kemampuan mempertahankan hubungan dengan baik, namun masih perlu meningkatkan kemampuan dalam membentuk hubungan sosial yang baru, meningkatkan komunikasi verbal dan non verbal dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuline Yuline, Universitas Tanjungpura

Prodi Bimbingan Konseling

References

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas Edisi Ke-3. Jakarta: Permata Puri Media.

Aprilia, F. (2013). Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dengan Perilaku Kenakalan Remaja (siswa SMA Negeri 1 Grobogan) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartono, K). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gardner, H. (2003). Multiple Intellgences. Alih bahasa Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.

Lesmana, J. M. (2008). Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: UI Press

Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press

Nurihsan, A. J. (2016). Bimbingan dan Konseling: dalam berbagai latar kehidupan. Refika Aditama.

Prayitno, E. A. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence: Interpersonal Intelligence Child Development Method. Yogyakarta: Amara Books.

Sugiono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Supriatna, M. (2013). Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi orientasi dasar pengembangan profesi konselor edisi revisi. Jakarta: PT Remaja Grafindo Persada.

Suyadi, (2014). Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: PT Pustaka

Syamsu, Y. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M., & Mumtaz, F. (2011). Mendongkrak Kecerdasan anak melalui bermain dan permainan. Jogjakarta: Katahati.

Yudrik, J. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta. Kencana.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Yuline, Y. (2021) “STUDI KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), pp. 53–65. doi: 10.31571/sosial.v8i1.2791.