URGENSI DAN MANFAAT PENGUKURAN KEPRIBADIAN KARIR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • Yuline Yuline Universitas Tanjungpura
  • Amallia Putri Universitas Tanjungpura
  • Halida Halida Universitas Tanjungpura
  • Ana Fergina Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.4465

Keywords:

Urgensi, Kepribadian Minat Karir, Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Abstract

Artikel studi literatur ini disusun dengan tujuan memaparkan tentang pengukuran tipe kepribadian karir pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Hal ini perlu dilakukan karena dalam telaah beberapa jurnal masih ditemui Guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang kurang memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugas, merupakan salah satu penyebab kurangnya minat pada pekerjaannya. Idealnya Guru BK memiliki tipe minat yang sesuai dengan karakteristik pekerjaannya jadi dapat bekerja dengan optimal. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kinerja individu antara lain adanya kesukaan individu terhadap pekerjaan yang ia tekuni, untuk mengetahui tipe minat kepribadian karir mahasiswa diukur menggunakan instrument Holland yang dikenal dengan model RIASEC. Instrumen ini terdiri dari 6 aspek yaitu Realistik, Investigative, Artistic, Sosial, Enterprising, dan Conventional. Setiap aspek menggambarkan karakteristik pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Sangatlah penting mahasiswa BK mengetahui tipe minat yang ada pada dirinya agar dapat menumbuhkan minat karir apabila masih rendah. Sehingga setelah menjadi sarjana BK, dapat bekerja sesuai dengan tuntutan profesinya

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuline Yuline, Universitas Tanjungpura

Dosen Universitas Tanjungpura

References

Adiyo Roebianto, Irine Guntur, Diana Lie. 2021. Pengembangan Tes Minat Holland Untuk Pemetaan Jurusan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. Volume 10. No.1.Hal.33-47.

Anastasi, A & Urbina, S. 2007. Tes Psikologi Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.

Dewey, J. 2013. Interest and effort in education. New York: Houghton Mifflin.

Djali. 2015. Psikologi Pendidikian. Jakarta : Bumi Aksara

Feist,J.,Feist.,G.J.,& Roberts,D,T,A. 2017. Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Humanika

Ferguson, J. G. 2008. Careers and Vocational Guidance. New York: Infobase Publishing.

Foutch, H.McHugh. E. R. Beardon. R. C. 2014. Creating and using a database on Holland’s theory & practical tools. Journal of career assessment, 22(1)188-202

Hurlock, Elizabet B. 2011. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

John Killis. 1988. Hubungan Minat Kerja, Motivasi Ekstrinsik dan Bimbingan dalam Pelajaran dengan Kecakapan Kerja Teknik Listrik Lulusan STM pada Industri-industri DIY. Tesis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarsana IKIP

Johnson,P.&Smith,A.J. 2011.Social interest and differentiation of self .proffeiosional issues in counseling. dari http://www.shsu.edu.piic/SociallinterestandDiffrentiationofSelf Diakses Tanggal 8 maret 2022

Lestari,F,Alif,M,&Erni,H. 2020. Upaya Memantapkan Pemilihan Karir Melalui Layanan Informasi pada Siswa Kelas XII di SMK Pariwisata Mitra Nusa Bakti Belitung Tahun Ajaran 2019/2020 . http://eprints.uad.ac.id,1-2 Diakses Tanggal 27 Februari 2022

Patton,W, & Mc Mahon, M. 2014. Career deevelopment and systems theory: Counnecting theory and practice. (Vol.2): Springer.

Rusdiana ,A& Heryati. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan : Menjadi Guru inspiratif dan Inofatif. Bandung : Pustaka Setia.

Samsul Yusuf & Juntika. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sharf, R. 1992. Applying career development theory to counseling, California: Books/Cole Publishing Company.

Stoykova,zh. 2013. Social interest and Motivation .Trakia Journal of Science,11(3),286-290

Wigfield, A. & Cambria, J. 2010. Studens achievement values, goal orientations, and interest: Definitions, development, and relations to achievement outcomes. Developmental Review, 30(1), 1-35. https://doi.org/https:doi.org/10.1016/j.dr.2009.12.001

Yonanda, NR, Iswari, M. and Daharnis, D., 2022. Program Pentingnya Minat dan Bakat Dalam Memilih Studi yang Prospektif Di Industri Melalui Bimbingan dan Konseling Karir Di Sekolah Menengah Kejuruan Di Industri Melalui Bimbingan Karir Dan Konseling Di Smk]. Al-Ihtiram: Jurnal Multidisiplin Konseling dan Penelitian Sosial , 1 (1).

Yusuf. R. M. & Hasnindar, H. 2020. Work–family conflict and career development on performance of married women employees. Internasional Journal of Research in Business and Sosial Seience (2147-4478), 9 (1).151-162.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Yuline, Y. (2022) “URGENSI DAN MANFAAT PENGUKURAN KEPRIBADIAN KARIR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), pp. 118–130. doi: 10.31571/sosial.v9i2.4465.