EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK WANT DOING EVALUATION PLANNING (WDEP) DALAM MENINGKATKAN SELF-CONTROL SISWA DI MTS NEGERI 2 PONTIANAK

Authors

  • Synta Wahyuni Tanjungpura University
  • Yuline Yuline Tanjungpura University
  • Halida Halida Tanjungpura University

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6581

Keywords:

self-control, konseling kelompok, teknik want doing evaluation planning (WDEP).

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok menggunakan teknik Want Doing Evaluation Planning (WDEP) dalam meningkatkan self-control peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-eksperimen dengan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan Pre-test–Post-test One Group Design. Sampel dalam penelitian ini ialah 6 siswa yang memiliki self-control rendah berdasarkan hasil skor sebaran angket di kelas populasi dengan jumlah 74 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Berdasarkan perhitungan, ditemukan rata-rata tingkat self-control siswa sebelum diberikan perlakuan (Pre-test) ialah 79 dan setelah diberikan perlakuan (Post-test) meningkat menjadi 113. Nilai T hitung pada uji Paired Sample T-Test yakni -8.328 dengan nilai Sig. (2 Tailed) 0.00 < 0.05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan konseling kelompok menggunakan teknik Want Doing Evaluation Planning (WDEP) efektif dalam meningkatkan self-control siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, H. N., Purwati, P., & Putro, H. E. 2022. “The Effect of Reality Therapy Group Counseling with the WDEP Technique on Increasing Student Academic Resilienceâ€. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 9(2), 215-222.

Corey, G. 2011. Theory and practice of group counseling eight edition. Belmont: Brooks Cole

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. 2020. Teori teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Kurniati, A., & Supriyatna, A. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Teknik Want, Direction, Evaluation dan Plant (WDEP) untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 1938-1946.

Mulawarman., Ariffuddin, I., & Rahmawati, A. 2020. Konseling kelompok pendekatan realita. Jakarta: Kencana

Rasdiany, A. N., & Karneli, Y. 2021. “Konseling Individual Menggunakan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswaâ€. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 5(1), 36-43.

Rasimin., & Hamdi, M. 2019. Bimbingan dan konseling kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Riskiyah, R. 2017. “Implementasi Permendikbud No. 111 Tahun 2014 dan Implikasinya Terhadap Kompetensi Dan Uraian Tugas Guru Bimbingan Konselingâ€. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 44-55.

Sahir,H. N. 2021. Metodologi penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia

Sriwahyuni, N. 2017. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kenakalan Remaja Di Kelurahan Mabar Hilirâ€. Psikologi Konseling, 10(1).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Alfabeta: Bandung

Yusuf, S., Sugandhi, N. M., & Saomah, A. 2021. Bimbingan dan Konseling Remaja. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Wahyuni, S., Yuline, Y. and Halida, H. (2023) “EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK WANT DOING EVALUATION PLANNING (WDEP) DALAM MENINGKATKAN SELF-CONTROL SISWA DI MTS NEGERI 2 PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), pp. 354–366. doi: 10.31571/sosial.v10i3.6581.