FILOSOFIS ALAT-ALAT TRADISIONAL DAYAK TABUN SEBAGAI KONTEKS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL

Authors

  • Riki Maulana IKIP PGRI Pontianak
  • Teguh Agustian IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3323

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan makna filosofis alat-alat tradisional dayak tabun sebagai konteks pembelajaran pendidikan karakter berbasis budaya local. Budaa lokal disini adalah sebagai konteks pembangun karakter kedaerahan, yang dimana perpaduan filosofis kebudayaan daerah dipadukan dengan pendidikan karakter. Dengan memaknai kajian kedaerahan di harapkan dapat menambah warna dalam pendidikan menjadi tidak hanya memfokuskan pada kajian nasional, akan tetapi dengan memaknai kajian filosofis pada alat-alat tradisional, penggunaaan alat, bahan alat dan xara menggunakan yang memiliki filosofis khusus untuk menjadi pengembang dan penguat cinta budaya daerah yang bisa di aplikasikan dalam konteks pembelajaran pendidikan karakter yang berbasis budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Maulana, R., Agustian, T. and Hartono, H. (2022) “FILOSOFIS ALAT-ALAT TRADISIONAL DAYAK TABUN SEBAGAI KONTEKS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), pp. 94–105. doi: 10.31571/sosial.v9i1.3323.

Most read articles by the same author(s)