ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI MASA PANDEMIC MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Hendra Sulistiawan IKIP PGRI Pontianak
  • Kamaruzzaman Kamaruzzaman IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i2.3497

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa, Masa Pandemic

Abstract

Sejak pandemic melanda negeri yang diakibatkan dari wabah covid 19, hubungan antar manusia seakan berubah menjadi 180 derajat. Komunikasi yang terjadi tidak biasa. Kebudayaan ketimuran yang mencerminkan karakter bangsa, tidak berjalan sebagaimana mestinya. Budaya senyum, sapa, salam yang selalu diperkuat dalam tatanan komunikasi tidak lagi digunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Melalui penelitian diharapkan dapat diketahui secara jelas mengenai keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa.. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal mahasiswa di masa pandemic mahasiswa IKIP PGRI Pontianak termasuk kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi (2009) Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Enung Fatimah (2006) Psikologi Perkembangan. Bandung : Pustaka Setia

Jalaludin Rakhmat (1994) Teori Komunikasi. Bandung : Pustaka Setia

M. Budyatna & Leila Mona Ganiem (2011) Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta : Kencana Pranada Media Group

M. Subana dan Sudrajat (2005) Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia

Hadari Nawawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajahmada University Press

Suranto AW (2011) Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yatim Riyanto (2001) Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Zuldafrial, (2007). Penelitian Kuantitatif. Pontianak : Stain Press.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sulistiawan, H. and Kamaruzzaman, K. (2021) “ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI MASA PANDEMIC MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(2), pp. 190–199. doi: 10.31571/sosial.v8i2.3497.