ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Kamaruzzaman Kamaruzzaman Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.367

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada guru-guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas se-Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kinerja guru Bimbingan dan Konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa panduan wawancara, dan daftar cek masalah. Subjek penelitian ini adalah 15 orang perwakilan Guru BK dari 41 Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Pontianak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hambatan internal dengan persentase 24,18 % dan hambatan eksternal yang dihadapi oleh Guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling di Sekolah memperoleh persentase 15,78 %.

 

Kata Kunci: faktor penghambat,  kinerja  guru Bimbingan dan Konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Kamaruzzaman, K. (2017) “ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), pp. 229–242. doi: 10.31571/sosial.v3i2.367.