PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING MATERI IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 3 SUNGAI KAKAP
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.4217Abstract
Media merupakan alat yang dapat digunakan dalam proses mempermudah dalam melakukan sesuatu, tak terlepas dari dunia pendidikan. Media sangat membantu dalam penjelasan suatu materi agar lebih mudah dipahami, lebih ringkas dan lebih menarik. Penggunaan media pembelajaran ISpring materi IPS dipilih karena keberadaan smartphone di perguruan tinggi sangatlah berdampingan dan dibutuhkan, sehingga menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menurut ahli media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R & D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian aspek materi oleh para ahli materi diperoleh nilai 81,25. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori sangat layak, 2) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 86,67, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori sangat layak.
Downloads
References
Afandi, A. (2017). Media Ict Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan ISpring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19. https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.972
Aini, C. N., & Habibi, M. W. (2020). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 155–167. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2269
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07
Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on ISpring Presenter in Increasing Students’ Interest in Learning Mathematics. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4445
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Belvedere, V., Grando, A., & Bielli, P. (2013). A quantitative investigation of the role of Information and Communication Technologies in the implementation of a product-service system. International Journal of Production Research, 51(2), 410–426. https://doi.org/10.1080/00207543.2011.648278
Farman, F., Anjelina, S., Putri, Q. T., Mardiah, N. A., & Sari, K. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis ISpring Suite. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2040. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4288
Ginanjar, A., Putri, N. A., Nisa, A. N. S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B. (2019). Implementasi Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Ips Di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony, 4(2), 99–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/36136/15043
Hamdani, H., Yanto, D. T. P., & Maulana, R. (2019). Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 83–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.491
Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Media pembelajaran ISpring materi IPS Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan ISpring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 451–461. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/158
Nurlaela. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui ISpring Suite 10 di Kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 116–123.
Prasetyo, B., & Trisyanti, D. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0†REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (pp. 22–27).
Prihadi, A., Sarwono, & Santoso, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Model Simulasi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Pada Materi Tata Surya Dikelas X Sman 10 Pontianak Tahun Ajaran 2016 / 2017. Jurnal GeoEco, 3(2), 126–132.
Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 97–110.
Rifai, M. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Mitigasi Bencana Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–69.
Sakinah, K., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran ISpring untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 118–131. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Suarno, D. T., & Sukirno, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Dengan Tema Pemanfaatan Dan Pelestarian Sungai Untuk Siswa Kelas Vii Smp. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 115–125. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7663
Thiagarajan, S. A. O. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Tian, X., & Martin, B. (2011). Impacting Forces on eBook Business Models Development. Pub Res Q (Springer), 27, 230–246. https://doi.org/10.1007/s12109-011-9229-0
Wulandari, Y. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 adhitya Prihadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.
Most read articles by the same author(s)
- Suherdiyanto Suherdiyanto, Adhitya Prihadi, Fheerdhy Alkadita, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BERBASIS E-BOOK , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Suherdiyanto Suherdiyanto, Adhitya Prihadi, KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- adhitya Prihadi, Efektivitas Media Pembelajaran Geografi Tanah Berbasis Android Berdasarkan Asal Daerah Mahasiswa Di Kalimantan Barat , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial