KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID

Authors

  • Suherdiyanto Suherdiyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Adhitya Prihadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3100

Abstract

Media merupakan alat yang dapat digunakan dalam proses mempermudah dalam melakukan sesuatu, tak terlepas dari dunia pendidikan. Media sangat membantu dalam penjelasan suatu materi agar lebih mudah dipahami, lebih ringkas dan lebih menarik. Penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dipilih karena keberadaan smartphone di perguruan tinggi tersedia dan dibutuhkan, sehingga menarik untuk teliti. Tujuan Penelitian Penyanyi Adalah 1) Untuk mengetahui Tingkat Kelayakan Ahli materi media yang PADA PEMBELAJARAN mobile learning Berbasis android, 2) Untuk mengetahui Kelayakan Ahli Media PADA Media Pembelajaran mobile learningberbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian: 1) Secara keseluruhan, rata-rata menunjukkan aspek materi oleh para ahli materi yang diperoleh nilai 81,25. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori sangat layak, 2) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 86,67, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor 100% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suherdiyanto Suherdiyanto, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Geografi

Adhitya Prihadi, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Geografi

References

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Belvedere, V., Grando, A., & Bielli, P. (2013). A quantitative investigation of the role of Information and Communication Technologies in the implementation of a product-service system. International Journal of Production Research, 51(2), 410–426. https://doi.org/10.1080/00207543.2011.648278

Hamdani, H., Yanto, D. T. P., & Maulana, R. (2019). Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 83–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.491

Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543

Prasetyo, B., & Trisyanti, D. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0†REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (pp. 22–27).

Prihadi, A., Sarwono, & Santoso, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Model Simulasi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Pada Materi Tata Surya Dikelas X Sman 10 Pontianak Tahun Ajaran 2016 / 2017. Jurnal GeoEco, 3(2), 126–132.

Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 97–110.

Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2018). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726

Rifai, M. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Mitigasi Bencana Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–69.

Thiagarajan, S. A. O. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Tian, X., & Martin, B. (2011). Impacting Forces on eBook Business Models Development. Pub Res Q (Springer), 27, 230–246. https://doi.org/10.1007/s12109-011-9229-0

Wulandari, Y. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Suherdiyanto, S. and Prihadi, A. (2022) “KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), pp. 1–12. doi: 10.31571/sosial.v9i1.3100.

Most read articles by the same author(s)