Efektivitas Media Pembelajaran Geografi Tanah Berbasis Android Berdasarkan Asal Daerah Mahasiswa Di Kalimantan Barat

Authors

  • adhitya Prihadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6184

Keywords:

Media pembelajaran, Mobile learning, Android, Geografi tanah

Abstract

Pembelajaran saat ini sangat bervariasi, salah satunya menggunakan media. Media yang digunakan untuk memajukan dan memperbaiki pembelajaran geografi tanah di IKIP PGRI Pontianak adalah menggunakan pembelajaran mobile learning berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui respon mahasiswa penggunaan media pembelajaran 2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran mobile learning berbasis android secara klasikal 3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran mobile learning berbasis android berdasarkan daerah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre eksperimen dan rancangan one group pretest-postest design. Jumlah populasi pada penelitian di Program Studi Pendidikan geografi fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 29 orang dengan sampel seluruhnya dari data populasi yang ada. Hasil dari penelitian menunjukkan 1) respon mahasiswa program studi geografi dengan rata-rata dari smua aspek mendapatkan nilai 76,29 % dengan kategori baik. 2) hasil dari efektivitas penggunaan pembelajaran mobile learning berbasis android secara klasikal mendapatkan nilai n-gain 0,48 masuk dalam kategori sedang. 3) hasil efektivitas penggunaan pembelajaran mobile learning berbasis android berdasarkan 11 daerah mahasiswa, perhitungan menggunakan rumus n-gain adalah 10 kota tersebut mendapatkan nilai < 0,70 masuk dalam kategori sedang dan 1 kota yang mendapatkan nikai > 0,70 masuk kedalam kategori tinggi. Hasil demikian memberikan pernyataan bahwa penggunaan media efektif digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Fahri, H., & Samsudin, K. (2012). Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-based Learning Application on Undergraduates’ Learning. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 3(3), 1–5. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2012.030311

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data forIntroductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66, 64–74.

Hasanah, F. N., Taurusta, C., Sri Untari, R., Nurul Hidayah, D., & Rindiani, R. (2021). Gim edukasi berbasis android sebagai optimasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 55–67. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.15176

Hendrik, & Hendratmo, A. R. T. (2015). Linked data-driven geographic mobile learning application. Proceedings 2015 International Conference on Science and Technology, TICST 2015, 254–259. https://doi.org/10.1109/TICST.2015.7369367

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038

Indrastyawati, C., Paidi, & Ciptono. (2016). Pengembangan media pembelajaran sistem indera berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 50–56. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/59460453/4633-9844-1-SM20190530-56975-457qwh.pdf?1559284346=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_SISTEM_I.pdf&Expires=1614332419&Signature=WBe3QUfdIfo1rno1ZfqEXGuRGfRaukGr

Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437

Martono Kurniawan, T., & Nurhayati Oky, D. (2014). Implementation of Android-Based Mobile Learning Application as a Flexible Learning Media. International Journal of Computer Science Issues, 11(3), 168–174.

Mubarok, I. W., & Kartika, P. C. (2019). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android Nemo Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Bipa Tingkat Pemula Program Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6124

Murdowo, D., Rachmawati, R., Adriyanto, A. R., & Prahara, G. A. (2021). Perancangan Prototipe Mobile Learning “Wawasan Kebangsaan†berbasis Android bagi Milenial sebagai Solusi Pembelajaran Situasi Pandemi. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 375–388. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4517

Nikolopoulou, K., & Kousloglou, M. (2019). Mobile Learning in Science: A Study in Secondary Education in Greece. Creative Education, 10(06), 1271–1284. https://doi.org/10.4236/ce.2019.106096

Parhizkar, B., Obeidy, W. K., Chowdhury, S. A., Mohana Gebril, Z., Ngan, M. N. A., & Habibi Lashkari, A. (2012). Android mobile augmented reality application based on different learning theories for primary school children. Proceedings of 2012 International Conference on Multimedia Computing and Systems, ICMCS 2012, 404–408. https://doi.org/10.1109/ICMCS.2012.6320114

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Sugiyono. (2017). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Wen, C., & Zhang, J. (2015). Design of a Microlecture Mobile Learning System Based on Smartphone and Web Platforms. IEEE Transactions on Education, 58(3), 203–207. https://doi.org/10.1109/TE.2014.2363627

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Prihadi, adhitya (2023) “Efektivitas Media Pembelajaran Geografi Tanah Berbasis Android Berdasarkan Asal Daerah Mahasiswa Di Kalimantan Barat”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), pp. 102–114. doi: 10.31571/sosial.v10i2.6184.