Survei Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar (SD) Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Ketapang

Norsidi Norsidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pedagogik guru Sekolah Dasar (SD) dalam mendukung implementasi kurikulum 2013 di Kabupaten Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan berupa data primer yang dikumpulkan melalui angket. Analisis data menggunakan rata-rata dan persentase skor. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pedagogik pada yang meliputi: a) memahami karateristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural emosional, dan intelektual dikategorikan baik; b) menguasai Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran dikategorikan baik; c) mengembangkan kurikulum terkait mata pelajaran yang diampu dikategorikan baik; d) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dikategorikan baik; e) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dikategorikan kurang mampu; f) mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya dikategorikan baik; g) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dikategorikan baik; h) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses hasil belajar; i) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi dikategorikan baik; j) Melakukan tindakan reflektif dikategorikan baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.859

Refbacks



Copyright (c) 2018 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302