PENERAPAN PENDEKATAN SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Authors

  • Citra Kusumaningsih IKIP PGRI Pontianak
  • Azman Azman

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan speaking skill siswa kelas XI IPA 2, MAN 2 Pontianak.Masalah didalam penelitian ini adalah kompetensi speaking skillsiswa yang kurang baik.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi dan didukung dengan tes.Analisis data penelitian menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategiscaffolding bisa meningkatkan kemampuan speaking skill siswa .Dari pengamatan dan didukung dengan catatan lapangan penulis, dapat dilihat bahwa siswa bisa berbicara dengan baik, kosakata mereka bertambah, struktur gramatikal menjadi lebih baik, dan motivasi siswa dalam speaking skill semakin meningkatkan. Peningkatan kemampuan speaking skill siswa tercermin dari antusias siswa didalam proses pembelajaran dan meningkatnya skor speaking skillsiswa .
Kata Kunci: strategi scaffolding, keterampilan berbicara, penelitian tindakan kelas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Kusumaningsih, C., & Azman, A. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 294–307. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1008