IKLAN MEDIA CETAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mai Yuliastri Simarmata IKIP PGRI Pontianak
  • Dessy Sandra

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran keterampilan menyimak iklan media cetak dengan menggunakan metode cooperative learning di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakn dalan beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SD negeri 42 Pontianak.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis komperatif dan teknik analisis kritis. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning dapat meningkatkan proses pembelajran menyimak iklan media cetak. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengamatan dan refleksi sebagai berikut(1) minat siswa dalam menentukan unsure-unsur identifkasi iklan meningkat;(2) guru mampu meningkatkan minat belajara siswa;(3) guru mampu menerapkan metode cooperative learning; (4) guru mampu mengelola kelas; (5) guru mampu meningkatkan rasa nasionalisme siswa.
Kata Kunci: cooperative learning, media, iklan, keterampilan, menyimak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Simarmata, M. Y., & Sandra, D. (2018). IKLAN MEDIA CETAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 380–391. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1018