PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR MENULIS EKSPLANASI DITINJAU DARI ASPEK MOTIVASI BELAJAR SISWA

Dhinda Permata Neriasari, Esti Ismawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghitung besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar siswa, dan interaksi antara penggunaan model pembelajaran PBL dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi hasil belajar siswa menulis eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis quasi. Variabel bebasnya model pembelajaran PBL dan motivasi belajar siswa, sedangkan variabel terikatnya hasil prestasi belajar siswa menulis eksplanasi. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dengan uji hipotesis analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model Problem Based Learning lebih efektif daripada metode ceramah; motivasi belajar siswa tinggi, dan tidak ada interaksi antara penerapan model pembelajaran PBL dan motivasi belajar siswa terhadap hasil prestasi belajar siswa menulis eksplanasi.
Kata kunci: Problem Based Learning, motivasi belajar, menulis eksplanasi


Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

< /a>

VISITORS STAT:

View Stats



Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Diterbitkan oleh:

IKIP PGRI Pontianak

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Rektorat Lt. 3, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116

View Stats