PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA SISWA

Authors

  • Melia Melia IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1139

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan prinsip kesatunan berbahasa yang terdapat pada siswa di SMP Negeri 1 Sungai Raya dengan kajian pragmatik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesderhanaan, pemufakatan dan kesimpatian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menguraikan dan menyajikan data-data yang diperoleh secara faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat dan alatnya menggunakan alat rekam dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prinsip kesantunan berbahasa pada siswa SMP Negeri 1 Sungai Raya terdapat kesantunan pada saat bertutur.
Kata Kunci: pragmatik, prinsip kesantunan, siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-16

How to Cite

Melia, M. (2019). PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA SISWA. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 110–123. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1139