Pengembangan Media Cartoon Strips dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Smk

Elly Syahadati, Desi Sri Astuti, Ageung Darajat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengembangan kosakata Bahasa Inggris dan kualitas penggunaan cartoon strips sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian adalah penelitian RnD (Penelitian dan Pengembangan). Sebanyak 37 siswa kelas X SMKN 1 Sanggau sebagai subyek penelitian ini. Penelitian pengembangan ini mengikuti tujuh langkah penelitian, meliputi : 1) penelitian dan pengumpulan data,  2) perencanaan,  3) pengembangan produk awal,  4) uji coba awal,  5) revisi desain,  6) uji coba lapangan, dan  7) revisi dan penyempurnaan produk. Hasil analisis kebutuhan mengungkapkan bahwa subjek membutuhkan media yang nyata dengan warna yang menarik. Temuan lainya menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa Inggris berupa cartoon strips layak digunakan bagi siswa SMK. Dapat disimpulkan bahwa cartoon strips dapat diaplikasikan sebagai media dalam proses pembelajaran di kelas

 


Keywords


cartoon strips, kosakata bahasa Inggris, SMK, Penelitian dan Pengembangan

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v10i1.1478

Article Metrics

Abstract view : 27 times
DOWNLOAD PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Elly Syahadati



INDEXED BY:




Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License