Pengembangan Media Cartoon Strips dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Smk

Authors

  • Elly Syahadati IKIP PGRI Pontianak
  • Desi Sri Astuti
  • Ageung Darajat

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i1.1478

Keywords:

cartoon strips, kosakata bahasa Inggris, SMK, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengembangan kosakata Bahasa Inggris dan kualitas penggunaan cartoon strips sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian adalah penelitian RnD (Penelitian dan Pengembangan). Sebanyak 37 siswa kelas X SMKN 1 Sanggau sebagai subyek penelitian ini. Penelitian pengembangan ini mengikuti tujuh langkah penelitian, meliputi : 1) penelitian dan pengumpulan data,  2) perencanaan,  3) pengembangan produk awal,  4) uji coba awal,  5) revisi desain,  6) uji coba lapangan, dan  7) revisi dan penyempurnaan produk. Hasil analisis kebutuhan mengungkapkan bahwa subjek membutuhkan media yang nyata dengan warna yang menarik. Temuan lainya menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa Inggris berupa cartoon strips layak digunakan bagi siswa SMK. Dapat disimpulkan bahwa cartoon strips dapat diaplikasikan sebagai media dalam proses pembelajaran di kelas

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-16

How to Cite

Syahadati, E., Astuti, D. S., & Darajat, A. (2021). Pengembangan Media Cartoon Strips dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Smk. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(1), 12–17. https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i1.1478