PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI MAHASISWA CALON GURU

Mastiah Mastiah, Sukristin Sukristin, Muhammad Akip

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa STKIP Melawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Hasil penelitian ini adalah 1) pretest rata-rata kemampuan argumentasi siswa kelas kontrol adalah 54,94, posttes 57,20, sedangkan kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata pretest 51,44, dan posttes 80,04; 2) Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis argumentasi pada tes pretest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, sedangkan pada posttest ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis argumentasi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

 

 


Keywords


kemampuan menulis argumentasi; metode eksperimen semu; desain nonequivalent control group; pretes; posttes

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v9i1.1610

Article Metrics

Abstract view : 64 times
DOWNLOAD PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mastiah, M. Akip, Sukristin



INDEXED BY:




Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License