PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TELAAH ISI PADA TEKS ULASAN MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA SMP

eti sunarsih, Nadira Nur Hajijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan perecanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran membaca telah isi pada teks ulasan melalui model reciprocal teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian kualitatif dan rancangannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perencanaan siklus I mencapai kriteria cukup baik dengan presentase 75,29%,  meningkat pada siklus 2 menjadi 87,5%. Pelaksanaan siklus I dengan persentase 80% dengan kriteria cukup baik dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2, hasilnya meningkat baik dengan persentase 93,91%. Hasil pembelajaran telaah isi pada teks ulasan hasil pada siklus I siswa yang tuntas hanya mencapai 17 siswa, tidak tuntas masih mencapai 9 siswa dengan ketuntasan hanya mencapai 65,38%, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas mencapai 23 siswa dan tidak tuntas hanya 3 siswa, ketuntasan pada siklus 2 mencapai 88,46% dengan kriteria baik. Berdasarkan penelitian diatas, disarankan guru dapat menerapkan model reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.


Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v9i1.1647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eti Sunarsih, Nadira Nur Hajijah



INDEXED BY:




Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License