ANALISIS UNSUR LEKSIKAL DALAM WACANA PADA SURAT KABAR TRIBUN PONTIANAK RUBRIK “BORNEO SPORT” (EDISI, 16 Mei-21 Mei 2014)

Authors

  • Mai Yuliastri Simarmata

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i2.167

Abstract

“Borneo Sport†memang tepat untuk sebuah nama pada sebuah harian media masssa cetak, karena isi dari rubrik ini dikhususkan untuk tulisan-tulisan dan masalah-masalah serta informasi-informasi seputar olahraga di kawasan daerah Kalimantan Barat. Mengacu pada asal kata “Borneo Sport†yang merupakan kolom atau rubrik yang disediakan pihak redaksi untuk masyarakat, di dalam perkembangannya “Borneo Sport†tidak hanya digunakan untuk informasi-informasi dikawasan Ibukota Kalimantan Barat, tetapi “Borneo sport†juga memuat atau memberikan informasi-informasi seputar olahraga di kawasan Kalimantan Barat secara menyeluruh. Pemuatan informasi secara menyeluruh di kawasan kalimantan barat (kapital)tersebut agar dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan kekuatan-kekuatan dan tim-tim olahraga dari masing-masing daerah. Unsur gramatika yang sering muncul dalam wacana “Borneo Sport†adalah sinonim dan reduplikasi.


Kata Kunci: Borneo Sport, Elements leksika, editorial

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mai Yuliastri Simarmata

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP-PGRI

Pontianak Jalan Ampera Kotabaru Pontianak 78116

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Simarmata, M. Y. (2016). ANALISIS UNSUR LEKSIKAL DALAM WACANA PADA SURAT KABAR TRIBUN PONTIANAK RUBRIK “BORNEO SPORT” (EDISI, 16 Mei-21 Mei 2014). Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 211–224. https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i2.167