PENGGUNAAN BAHASA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI WARUNG ”BUDE SARMI” JALAN SURYA UTAMA JEBRES SURAKARTA (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Lisan di Luar Kelas)

Authors

  • Try Hariadi

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i2.170

Abstract

Penelitian ini merupakan studi sosiolinguistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bahasa yang digunakan dalam transaksi jual-beli, fungsi-fungsi bahasa yang muncul dalam transaksi jual-beli, dan hubungan di antara keduanya, yaitu bentuk-bentuk bahasa dan fungsi-fungsi bahasa yang ada. Sosiolinguistik membahas hubungan bahasa dengan penutur bahasa sebagai anggota masyarakat. Variasi bahasa yang merupakan topik utama dalam kajian sosiolinguistik, mengacu pada perbedaan manifestasi bahasa seperti bunyi,  kosa kata,  kategori gramatika, dan struktur lahir. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, baik pembeli maupun penjual cenderung menggunakan bahasa informal. Kedua, fungsi-fungsi bahasa yang muncul dalam transaksi adalah bertanya (mengajukan pertanyaan), menjawab pertanyaan, meminta untuk mengerjakan sesuatu, membuat perjanjian (kesepakatan), dan memberi informasi atau  penjelasan/keterangan. Ketiga, terdapat  banyak hubungan antara bentuk-bentuk bahasa dan fungsi-fungsi bahasa yang digunakan dalam treansaksi jual-beli tersebut yang bersifat langsung, antara bentuk dan fungsi bahasa bersifat sebandin (sesuai).

 

Kata Kunci:  Bentuk Bahasa, Fungsi Bahasa, Sosiolinguistik, Ragam Baha­sa, Transaksi Jual Beli.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Try Hariadi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP-PGRI

Pontianak, Jalan Ampera No.88 Pontianak 78116

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Hariadi, T. (2016). PENGGUNAAN BAHASA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI WARUNG ”BUDE SARMI” JALAN SURYA UTAMA JEBRES SURAKARTA (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Lisan di Luar Kelas). Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 253–266. https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i2.170