FAKTOR PENGGANGGU MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS

Authors

  • Aunurrahman, Citra Kusumaningsih, Diah Astriyanti Muhammad Ismail Kasim

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.175

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang mengganggu mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, kuesioner dengan bentuk pertanyaan terbuka. Kuesioner diisi oleh 124 mahasiswa STKIP-PGRI Pontianak yang telah dipilih secara purposif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisa isi yang melibatkan dua rater agar analisa data objektif. Untuk membantu analisa tersebut, disediakanlah panduan koding agar hasil pengolahan data sesuai dengan tujuan dari penelitian ini.Data analisis menunjukkan ada 28 pernyataan yang ditemukan sebagai gangguan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Dari 28 pernyataan tersebut, 17 pernyataan diantaranya dikategorikan sebagai faktor eksternal dan 11 pernyataan lainnya dikategorikan sebagai faktor internal. Lebih jauh, faktor eksternal yang paling banyak ditemui dipenelitian ini adalah berasal dari lingkungan belajar diikuti oleh faktor manusia. Sementara gangguan internal banyak dipengaruhi oleh kesehatan fisik manusia yang diikuti dengan gangguan yang bersifat psikologis. Sebagai tambahan, pengguna teknologi juga tercatat baik sebagai gangguan eksternal ataupun internal walaupun frekuensi pernyataan yang muncul hanya satu.

Faktor eksternal dan internal ini memiliki pengaruh negatif terhadap proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dosen harus menerapkan manajemen kelas yang efektif agar gangguan yang muncul dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat diminimalisir.

 

Kata kunci: Bahasa Inggris, Pembelajaran di kelas, Faktor gangguan, Proses belajar, Sumber gangguan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aunurrahman, Citra Kusumaningsih, Diah Astriyanti Muhammad Ismail Kasim

English Education Department of IKIP-PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88 Pontianak 78116

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Muhammad Ismail Kasim, A. C. K. D. A. (2016). FAKTOR PENGGANGGU MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 58–72. https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.175