Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sambas

Authors

  • Budiyono Budiyono IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.1763

Keywords:

learning problems, indonesian language, sambas malay language

Abstract

Mengingat pentingnya keterampilan berbahasa Indonesia, sehingga diakomodir di dalam kurikulum pendidikan yang menempatkan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang wajib diberikan. Namun, Siswa kelas 7 MTsN 2 Sambas terbiasa menggunakan Bahasa Melayu Sambas saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggambarkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah tersebut dengan menggunakan metode deskriptif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan, mendisplay dan mereduksi data untuk kemudian ditarik kesimpulan. Keterampilan siswa dalam membaca tulisan berbahasa Indonesia terbilang baik, namun keterampilan menulis dan berbicara masih kurang memuaskan. Strategi Guru untuk membiasakan siswa berbahasa Indonesia terutama di dalam kelas dengan memberikan reward (penghargaan) bagi siswa yang berbahasa Indonesia dan punishment (Hukuman) bagi yang melanggar berupa aktivitas bercerita menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Secara bertahap menunjukan perubahan positif terhadap keterampilan berbicara menggunakan Bahasa Indonesia di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Budiyono, B. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sambas. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 289–300. https://doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.1763