Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sambas

Budiyono Budiyono

Abstract


Mengingat pentingnya keterampilan berbahasa Indonesia, sehingga diakomodir di dalam kurikulum pendidikan yang menempatkan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang wajib diberikan. Namun, Siswa kelas 7 MTsN 2 Sambas terbiasa menggunakan Bahasa Melayu Sambas saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggambarkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah tersebut dengan menggunakan metode deskriptif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan, mendisplay dan mereduksi data untuk kemudian ditarik kesimpulan. Keterampilan siswa dalam membaca tulisan berbahasa Indonesia terbilang baik, namun keterampilan menulis dan berbicara masih kurang memuaskan. Strategi Guru untuk membiasakan siswa berbahasa Indonesia terutama di dalam kelas dengan memberikan reward (penghargaan) bagi siswa yang berbahasa Indonesia dan punishment (Hukuman) bagi yang melanggar berupa aktivitas bercerita menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Secara bertahap menunjukan perubahan positif terhadap keterampilan berbicara menggunakan Bahasa Indonesia di kelas.


Keywords


learning problems; indonesian language; sambas malay language

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.1763

Article Metrics

Abstract view : 107 times
DOWNLOAD PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Budiyono



INDEXED BY:




Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License