PEMILIHAN KODE DALAM MASYARAKAT BILINGUAL PADA MASYARAKAT MELAYU SAMBAS DI KOTA PONTIANAK DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN (Studi Kasus dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Al-Madani Pontianak, Kalimantan Barat)

Authors

  • Eti Ramaniyar

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan variasi alih kode dan campur kode, faktor penyebab yang menjadi penentu alih kode dan campur kode, serta dampak penggunaan kode terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunnakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif menggunakan pendekatan sosiolingiustik dan merupakan sebuah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dasar penggunaan bahasa diperoleh dua variasi, yaitu (1) alih kode dan campur kode dengan kode dasar BI, (2) alih kode dan campur kode dengan kode dasar BMS. Faktor-faktor penentu alih kode pada masyarakat tutur MMS di Kota Pontianak. Pertama berdasarkan situational code-switching, kedua metaphorical code-switching.

 

Kata Kunci: Pemilihan Kode, bilingual, Masyarakat Melayu Sambas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eti Ramaniyar

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

IKIP-PGRI Pontianak Jl Ampera No.88 Pontianak 78116

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Ramaniyar, E. (2016). PEMILIHAN KODE DALAM MASYARAKAT BILINGUAL PADA MASYARAKAT MELAYU SAMBAS DI KOTA PONTIANAK DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN (Studi Kasus dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Al-Madani Pontianak, Kalimantan Barat). Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 89–102. https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.177