PENGETAHUAN MORFOLOGI (MORPHOLOGICAL AWARENESS) DALAM PROSES PENGENALAN KATA BAHASA INGGRIS

Authors

  • Finny Anita, Yulia Ramadhiyanti, Tri Kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki seberapa baik tingkat kompetensi mahasiswa akanproses pengenalan kata pada pengetahuan morfologi (morphological awareness).Bentuk penelitian ini adalah studi kasus deskriptif.Data yang dianalisis pada penelitian ini terdiri dari dua jenis data, yaitu data dari hasil Morphological Awareness Test (MAT) dan kuesioner. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kompetensi mahasiswa akanproses pengenalan kata pada pengetahuan morfologi (morphological awareness) dapat digolongkan sedang, dimana persentase jumlah jawaban benar pada MAT adalah sebesar 63,571%. Persentase pada kuesioner akan soal yang dianggap siswa paling mudah hanya sebesar 39,583% yang dikategorikan rendah. Data ini memberikan gambaran bahwa walaupun sebagian mahasiswa dapat menjawab dengan benar, dipandang perlu adanya penekanan pada kemampuan morfologi dalam proses belajar mengajar bagi mahasiswa tahun kedua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Pontianak.

 

Kata Kunci: kompetensi mahasiswa, pengetahuan morfologi, pengenalan kata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Finny Anita, Yulia Ramadhiyanti, Tri Kurniawati

English Education Department of IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No.88 Pontianak 78116

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Tri Kurniawati, F. A. Y. R. (2016). PENGETAHUAN MORFOLOGI (MORPHOLOGICAL AWARENESS) DALAM PROSES PENGENALAN KATA BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 103–118. https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.178