KAJIAN PSIKOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL MEMAMAH JANTUNGMU KARYA ROHANI SYAWALIAH

Authors

  • Lizawati Lizawati

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.180

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud, (2) konflik psikologi antartokoh novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (4) nilai pendidikan novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud yaitu halusiansi dan naluri kematian, kecemasan (anxitas), dan pengalihan, (2) konflik psikologis antartokoh melahirkan konflik batin antara Gilda dan Kitty, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain dapat menyelesaikan dan mengambil suatu tindakan yang positif yang tercermin dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh Gilda, (4) nilai pendidikan novel mencakup nilai pendidikan agama, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya.

 

Kata Kunci: psikologi, pendidikan, novel Memamah Jantungmu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lizawati Lizawati

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

IKIP-PGRI Pontianak Jl. Ampera No. 88 Pontianak

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Lizawati, L. (2016). KAJIAN PSIKOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL MEMAMAH JANTUNGMU KARYA ROHANI SYAWALIAH. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 133–145. https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.180