Analisis Kesalahan Sintaksis Mahasiswa dalam Menulis Paragraf Menggunakan Bahasa Inggris

Yulia Ramadhiyanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menulis sebuah paragraf bahasa Inggris dan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang umumnya banyak dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang ditemukan adalah: (1) kategori sintaksis dan strategi permukaan, berupa kesalahan pada noun phrase, verb phrase, transformation, dan miscellanous. Kemudian pada kategori permukaan, jenis-jenis kesalahan yang ditemukan adalah kesalahan penghilangan, penambahan, kesalahan bentuk, kesalahan urutan, dan pensubtitusian. Kesalahan sintaksis yang paling dominan pada tulisan mahasiswa adalah kesalahan pada noun phrase; dan (2) pada kategori taksonomi komunikatif, tidak terdapat kesalahan yang menyeluruh, hanya ditemukan sedikit kesalahan saja, artinya walaupun dalam frase atau kalimat tersebut terdapat kesalahan sintaksis, pesan yang disampaikan masih bisa dimengerti oleh pembaca.


Keywords


kesalahan sintaksis; menulis paragraf; bahasa Inggris.

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.2390

Article Metrics

Abstract view : 78 times
DOWNLOAD PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yulia Ramadhiyanti



INDEXED BY:




Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License