PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH MAHASISWA

Authors

  • Tri Kurniawati, Finny Anita, Sulaiman

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v2i2.247

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2012/2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive quantitative. Jumlah total mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling adalah berjumlah 65 orang mahasiswa. Dari hasil penghitungan statistic didapatkan bahwa 71.55% (n=46) memiliki sikap positif terhadap penggunaan internet sebagai sumber belajar. Sedangkan 28.45% (n=19) memiliki sikap negative. Dari data, didapatkan bahwa sebagian besar mahasiswa yang suka belajar dengan internet adalah 63 orang=97%. Sehingga disarankan pada mahasiswa agar terus menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar sebagai pengayaan materi yang sudah diterima dari dosen di kelas.Kemudian bagi dosen dapat terus mendukung, memotivasi dan memfasilitas kepada mahasiswa dalam rangka pemanfaatan internet sebagai sumber belajar.untuk penelitian berikutnya diharapkan dapat mengkover gender, motivasi, dan hubungannya dengan prestasi mahasiswa.

Kata Kunci: Internet, Sumber Belajar, Sikap

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tri Kurniawati, Finny Anita, Sulaiman

English Education Department of STKIP PGRI Pontianak

Downloads

Published

2016-08-12

How to Cite

Sulaiman, T. K. F. A. (2016). PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(2), 248–266. https://doi.org/10.31571/bahasa.v2i2.247