Analisis Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Mata Kuliah Seminar on ELT

Sahrawi Sahrawi, Tri Kurniawati

Abstract


Pembelajaran pada saat ini menekankan pada keaktifan peserta didik. Oleh karena itu, dosen harus menggunakan berbagai macam metode mengajar agar peserta didik dapat berperan secara aktif di dalam kelas sehingga mereka dapat memahami materi dengan mudah. Penelitian ini dilaksanakan di IKIP-PGRI Pontianak dimana mahasiswa program studi pendidikan bahasa inggris semester enam menjadi subjek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode problem-based learning (PBL) didalam kelas seminar on ELT dan mengetahui persepsi tentang penggunaan metode PBL dari sudut pandang mahasiswa dan dosen. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kualitatif. Data dikumpulkan melalui interview, observasi, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis menunjukkan bahwa penerapan metode PBL dalam kelas seminar on ELT membuat mahasiswa menjadi lebih aktif, mahasiswa memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama dan melatih pemikiran kritis dalam memecahkan suatu masalah.

Keywords


analisis; problem-based learning; mata kuliah seminar

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v10i1.2611

Article Metrics

Abstract view : 34 times
DOWNLOAD PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sahrawi Sahrawi, Tri Kurniawati



INDEXED BY:




Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License