KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF TERHADAP AZAS BELAJAR MOTIVASI SISWA KELAS X SMK TAMANSISWA SUKA DAMAI

Authors

  • Dewi Leni Mastuti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No.88 Telp. (0561)748219 Fax. (0561) 6589855

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i1.297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Persiapan atau perencanaan yang dibuat guru dalam pembelajaran menulis kalimat efektif; (2) Media pembelajaran yang dibuat guru dalam pembelajaran menulis kalimat efektif; dan (3) Penilaian yang dikembangkan guru dalam pembelajaran menulis kalimat efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari Informan, peristiwa, dan dokumen. Informan dari studi ini adalah Guru kelas X di SMK Tamansiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis kalimat efektif terhadap azas belajar motivasi dikaitkan dengan perencanaan, media, dan penilaian yang dibuat guru dapat dilaksanakan dengan baik sesuai sasaran dalam pencapaian menulis kalimat efektif.

Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Kalimat Efektif, Motivasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-17

How to Cite

Mastuti, D. L. (2016). KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF TERHADAP AZAS BELAJAR MOTIVASI SISWA KELAS X SMK TAMANSISWA SUKA DAMAI. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 24–38. https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i1.297