STUDI PENELUSURAN ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Finny Anita, Tri Kurniawati, Citra Kusumaningsih, Ageung Darajat, Dedi Irwan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No.88 Telp. (0561)748219 Fax. (0561) 6589855

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i1.302

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki situasi dan kondisi yang dialami alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak dalam dunia kerjanya pada tahun 2015, persepsi pengguna jasa alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak pada tahun 2015, dan umpan balik dan hal-hal yang harus dievaluasi terkait dengan kompetensi alumni dengan tuntutan dunia kerja pada tahun 2015. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, kuesioner dengan bentuk offline dan online. Kuesioner diisi oleh 10 mahasiswa alumni angkatan I dan II IKIP-PGRI Pontianak. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisa statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan data kualitatif yang dikelompokkan menggunakan kode.  Data analisis menunjukkan bahwa (1) kondisi lulusan sebelum mengikuti perkuliahan cukup siap, memiliki motivasi, dan suasana belajar yang baik. (2) Waktu Kelulusan dan Kondisi Kuliah, memberikan gambaran kematangan dan kemandirian responden dalam pembelajarannya di perguruan tinggi, serta memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung untuk kesiapan memasuki dunia kerja. (3) Lulusan cenderung memilih pekerjaan penuh waktu (fulltime), (4) Pelatihan-pelatihan pengembangan karir mengajar bagi responden yang menekuni bidang pekerjaan pada pendidikan juga memberikan gambaran yang matang akan kesempatan lulusan untuk berkarya lebih baik. 

Kata kunci: Studi Penelusuran Alumni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-17

How to Cite

Dedi Irwan, F. A. T. K. C. K. A. D. (2016). STUDI PENELUSURAN ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 87–99. https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i1.302