Pengembangan Media Ajar Kartu Perawat dengan Pendekatan Content-Based Instruction
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3172Keywords:
development, learning media, nurse card game, content-based instructionAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan produk berupa media pembelajaran yang berbentuk permainan yang disebut dengan Kartu Perawat (KaPe). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mencangkup tahap need analisis, desain produk, evaluasi produk, dan ujicoba. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Kesehatan Cahaya Bangsa, Kubu Raya. Sementara itu, instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi, kusioner, wawancara,angket validasi media dan materi dan angket validasi respon siswa terhadap ujicoba produk. Hasil yang ditemukan pada penelitian adalah media permainan Kartu Perawat( KaPe) yang dikembangkan dengan pendekatan Content Based Instruction telah layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Keperawatan. Beberapa keunggulan dari produk ini adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara, membaca, dan menyimak secara terintegrasi; meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa inggris; memberikan kesempatan untuk siswa berkolaborasi karena dimainkan dalam kelompok; memberikan situasi atau konteks bagaimana bahasa itu digunakan pada penggunaan sesungguhnya serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi secara autentik sehingga memudahkan siswa untuk mengakusisi bahasa. Namun, guru perlu mengalokasikan waktu dan memastikan agar siswa tetap dapat terkontrol ketika pembelajaran berlangsung melalui permainan.    Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.