Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif dalam Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Lagu

Wa Mirna, Nursalam Nursalam

Abstract


Fokus penelitian ini ialah proses penerapan model pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif  dalam pembelajaran. Model pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif  lebih menekankan pada keaktifan, kreatifitas dan respon siswa terhadap materi pembelajaran melalui lagu yang diputar dalam pembelajaran  menulis puisi. Model ini diadaptasi dari model pembelajaran Direct Intruksional (Pembelajaran langsung) yang diaplikasikan melalui penjabaran KI dan KD Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian terdiri atas empat, yaitu (1) memaparkan adaptasi pengembangan model pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif yang bersumber dari model pembelajaran langsung, (2) menjelaskan sintaks dan langkah-langkah model pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif yang diadaptasi atau dikembangkan dari model pembelajaran langsung, (3) memaparkan konteks pemakaian dan sarana pendukung dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran aktif, kreatif, dan responsive, dan (4) memaparkan contoh aplikasi model  pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif sesuai KI dan KD kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia.



Keywords


adaptasi model; aktif; kreatif dan responsif; puisi; lagu

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wa Mirna, Nursalam



Map:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License