Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif dalam Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Lagu

Authors

  • Wa Mirna IAIN Ambon
  • Nursalam Nursalam IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3544

Keywords:

adaptasi model, aktif, kreatif dan responsif, puisi, lagu

Abstract

Fokus penelitian ini ialah proses penerapan model pembelajaran aktif, kreatif, dan responsif  dalam pembelajaran. Model pembelajaran aktif, kreatif dan responsif  lebih menekankan pada keaktifan, kreativitas, dan respon siswa terhadap materi pembelajaran melalui lagu yang diputar dalam pembelajaran  menulis puisi. Model ini diadaptasi dari model pembelajaran Direct Intruksional (Pembelajaran langsung) yang diaplikasikan melalui penjabaran KI dan KD Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian terdiri atas empat, yaitu (1) memaparkan adaptasi pengembangan model pembelajaran aktif, kreatif dan responsif yang bersumber dari model pembelajaran langsung, (2) menjelaskan sintaks dan langkah-langkah model pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif yang diadaptasi atau dikembangkan dari model pembelajaran langsung, (3) memaparkan konteks pemakaian dan sarana pendukung dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran aktif, kreatif, dan responsive, dan (4) memaparkan contoh aplikasi model  pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif sesuai KI dan KD kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wa Mirna, IAIN Ambon

Saya adalah salah satu Dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Mirna, W., & Nursalam, N. (2022). Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif dalam Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Lagu. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3544