Penerapan Modul Digital Fonologi Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3552Keywords:
digital module, phonology, Chinese languageAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan modul digital fonologi bahasa Mandarin pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang, dan (2) mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap modul digital fonologi bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan hasil wawancara. Hasil observasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan modul digital fonologi bahasa Mandarin dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Mahasiswa antusias dan semangat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir. Selain itu, mahasiswa juga dapat memahami materi fonologi bahasa Mandarin dengan mudah dibuktikan dengan mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal latihan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui bahwa modul digital fonologi bahasa Mandarin memudahkan siswa mempelajari fonologi bahasa Mandarin di manapun dan kapanpun. Siswa dapat mengingat komponen dan materi fonologi bahasa Mandarin dengan cepat, karena modul digital fonologi bahasa Mandarin ini dilengkapi dengan penjelasan dalam bahasa Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa modul digital fonologi bahasa Mandarin efektif untuk diterapkan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.