PENGARUH NILAI MATA KULIAH YANG BERBASIS PADA KETERAMPILAN RESEPTIF TERHADAP NILAI MATA KULIAH YANG BERBASIS PADA KETERAMPILAN PRODUKTIF
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v4i1.38Abstract
Penelitian ini berusaha mengungkap hubungan atau pengaruh nilai mata kuliah Bahasa Inggris yang berbasis pada kemampuan reseptif terhadap mata kuliah yang berbasis pada kemampuan produktif di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Pemilihan (pengambilan) sampel dilakukan secara purposive sampling. Dari tujuh tahun ajaran yang mengajarkan mata kuliah ini, peneliti memilih mata kuliah yang diajarkan pada tahun 2012. Sampel ini dipilih dengan pertimbangan bahwa semua mata kuliah terkait sudah diajarkan pada angkatan ini. Selain itu, pada angkatan ini, data yang diperlukan masih bisa diperoleh secara lengkap. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Document Study Technique(kenapa kapital?). Dokumen yang dipakai adalah data tentang nilai siswa pada setiap mata kuliah. Data dianalisis dengan menggunakan formula simple dan multiple correlation. Penelitian ini menemukan bahwa dari 24 hubungan sederhana yang di uji(diuji), hanya 14 hubungan yang terbukti signifikan. Dari 14 hubungan yang signifikan, hubungan tertinggi terjadi pada hubungan antara nilai reading 3 dan nilai writing 3 yaitu mempunyai(memunyai) pengaruh sebesar 40,7%. Untuk hubungan berganda, penelitian ini menemukan bahwa semua mata kuliah yang berbasis pada keterampilan reseptif secara bersama-sama mempengaruhi mata kuliah yang berbasis pada keterampilan produktif. Besaran pengaruh tersebut bervariasi antara 33 sampai 48%.
Â
Kata Kunci: Pengaruh,Receptive Skill,Pproductive Skill,Ddescriptive.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.