Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mandau

Authors

  • Hany Dwi Sintia UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Fatmawati Fatmawati UNIVERSITAS ISLAM RIAU

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4038

Keywords:

aplikasi daring, hasil belajar, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Mandau. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebas (independent variabel) yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penguasaan aplikasi pembelajaran daring (X). Sementara variabel terikatnya (dependent variabel) adalah hasil belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan penggunaan aplikasi pembelajaran daring yaitu sebesar 82,26. Rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mandau ketika pembelajaran daring yaitu sebesar 87,15. Terdapat hubungan antara penggunaan aplikasi pembelajaran daring dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa sesuai dengan hasil pengujian hipotesis dimana thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu thitung > ttabel  (thitung = 3,05;  ttabel = 1,67). Besar pengaruh penggunaan aplikasi pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Mandau dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa adalah 15,20%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Sintia, H. D., & Fatmawati, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mandau. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 432–445. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4038