Karakteristik Budaya Madura dalam Antologi Puisi "Bantalku Ombak Selimutku Angin" Karya D. Zawawi Imron

Authors

  • Eko Adi Sumitro Universitas Wiraraja
  • Siddik Ramadhan

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4200

Keywords:

antologi puisi, nilai karakteristik, budaya madura, masyarakat madura

Abstract

Keberadaan puisi erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan tidak bisa lepas dari masyarakat dan budaya tempat lahirnya puisi itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik budaya Madura dalam beberapa aspek yang terkandung dalam antologi puisi “Bantalku Ombak Selimutku Angin†karya D. Zawawi Imron.

Penelitian ini’ akan menggunakan metode deskriptif’ analisis, yaitu : dengan menggunakan yang biasa disebut mendeskripsikan fakta-fakta’ dengan menggunakan analisis (Ratna, 2009:53). Untuk bisa menafsirkan metode ini akan dilakukan metode  deskriptif’. Pada antologi puisi’ Bantalku Ombak Selimutku Angin. Dalam penyesuaian pada Teori Analisis’ ini yaitu menyesesuaikan dengan kerangka’ teori’ agar puisi tersebut terstruktur’ dan dapat digambarkan serta dilanjutkan dengan’ cara menafsirkan’ temuan-temuuan data.. Data alam penelitian’ ini secara kualitatif’ mendeskripsikan’ karakteristik’ budaya Madura.

Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa Nilai-nilai karakteristik budaya Madura yang terkandung dalam antologi puisi: a) Nilai ketuhanan yang meliputi dua pandangan yaitu pandangan Tuhan sebagai’ penguasa’ yang menguasai serta menentukan kehidupan manusia’. b) Nilai kemasyarakatan’ yang meliputi kebanggaan akan eksistensi Madura, toolong-menolong, kebersamaan’ dan persatuan’. Dalam puisi tersirat bahwa orang Madura’ senantiasa’ bangga akan’ tanah’ kelahiran’ dan kekayaan’ akan seni  budayanya yang ada pada masyarakat Madura. c) Nilai kepribadian yang mengartikan bahwa masyarakat Madura memiliki kepribadian tertentu dalam etos’ kerja’, penjagaan’ diri’ dari’ prilaku buru, dan  menjunjung tinggi harkat martabat’ sebagai masyarakat Madura. d) Nilai kealaman yang beranggapan bahwa alam’ adalah tempat hiburan’, alam sebagai sumber’ nafkah’, dan’ alam’ berprilaku sebagai manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eko Adi Sumitro, Universitas Wiraraja

Universitas Wiraraja

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Sumitro, E. A., & Ramadhan, S. (2022). Karakteristik Budaya Madura dalam Antologi Puisi "Bantalku Ombak Selimutku Angin" Karya D. Zawawi Imron. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 361–370. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4200