Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar

Nani Nani, Rien Anitra, Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC)  terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III di SDN 13 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan membaca pemahaman kelas yang menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; (2) Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh besar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa; (3) Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hal itu menunjukan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat menjadi salah satu diantara alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.


Keywords


model pembelajaran circ; keterampilan membaca; pemahaman

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nani Nani, Rien Anitra, Evinna Cinda Hendriana



Map:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License