Pembelajaran Linguistik Terapan dengan Metode Flipped Learning pada Mata Kuliah Psycholinguistics

Authors

  • Dian Shinta Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.4286

Keywords:

flipped learning, psycholinguistics, respon membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses penerapan metode Flipped Learning di kelas Psycholinguistics. Desain dari penelitian ini adalah diskriptif kualitatif.. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 Program Study Pendidikan Bahasa Inggris yang terdiri dari 30 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi kelas dan observasi kerja kelompok. Hasil penelitian menyimpulkan mahasiswa melaksanakan kegiatan dalam  proses pembelajaran dengan metode flipped learning sesuai dengan role masing- masing. Kegiatan membaca materi dan partisipasi dalam diskusi mengindikasikan mahasiswa lebih aktif dan bertanggung jawab pada proses pembelajaran yang menerapkan metode flipped learning. Data menunjukkan rata- rata frekuasi respon membaca mahasiswa pada mata kuliah psycholinguistics adalah 8.0 dari frekuensi maksimal 10 respon. Kualitas respon membaca bervariasi dari rentang Fair (38%); Good (26%) dan Excellent (36%). Di sisi lain, diskusi kelompok dan diskusi kelas selama proses belajar mengajar di kelas didominasi oleh 8 mahasiswa (26.7%) dari total 30 mahasiswa. 17 mahasiswa (56.7%) berpartisipasi di bawah rata- rata frekuensi partisipasi, dan hanya 5 mahasiswa yang memenuhi rata partisipasi (16.7%). Rata – rata frekuensi partisipasi adalah 2.9 kali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Sari, D. S. (2022). Pembelajaran Linguistik Terapan dengan Metode Flipped Learning pada Mata Kuliah Psycholinguistics. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 199–211. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.4286