Implementasi Kegiatan Kampus Mengajar melalui Program Calistung di Kelas Rendah SDN 3 Druju Kabupaten Malang

Authors

  • R A Ega Fathma Fairuzi Universitas Brawijaya
  • Trisna Andarwulan Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4433

Keywords:

kampus mengajar, literasi, numerasi, CALISTUNG

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi program Kampus Mengajar berupa CALISTUNG yang dilaksanakan di kelas rendah SDN 3 Druju, Kabupaten Malang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar literasi dan numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan  penelitian kualitatif. Sumber data didapatkan melalui pelaksanaan kegiatan CALISTUNG. Data yang dianalisis adalah siswa kelas rendah SDN 3 Druju. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan tabel pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan literasi dan numerasi SDN 3 Druju yang masih rendah, 2) pelaksanaan program CALISTUNG yang efektif pada kelas rendah, 3) faktor penghambat program CALISTUNG berupa situasi pembelajaran yang tidak optimal, sarana dan prasarana yang tidak memadai. Faktor pendukung program CALISTUNG berupa SDM guru yang berkualitas dan antusiasme siswa belajar bersama tim kampus mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

R A Ega Fathma Fairuzi, Universitas Brawijaya

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya

Trisna Andarwulan, Universitas Brawijaya

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Fairuzi, R. A. E. F., & Andarwulan, T. (2023). Implementasi Kegiatan Kampus Mengajar melalui Program Calistung di Kelas Rendah SDN 3 Druju Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 224–235. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4433