Alih Kode dan Campur Kode Guru-Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Korpri Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4615Keywords:
alih kode, campur kode, metode kualitatif deskriptif, percakapan guru-siswa, sma korpri karawangAbstract
Pada situasi tertentu di dalam sekolah sering terjadi adanya fenomena bahasa, yaitu alih kode dan campur kode. Dalam situasi ini dapat terjadi karena guru maupun siswa memiliki kemampuan berbahasa yang berbeda-beda selain bahasa utama bahasa Indonesia. Maka masalah yang dibahas adalah bentuk alih kode dan campur kode pada percakapan guru dengan siswa di SMA Korpri Karawang beserta faktor-faktor penyebab terjadinya. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode guru-siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Korpri Karawang, serta mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif analisis. Data dalam penelitian ini bersumber dari percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Korpri Karawang, yang kemudian ditranskripsi menjadi sebuah teks. Pengumpulan data menggunakan metode rekam dan catat, sedangkan teknik analisis data yang digunakan merupakan reduksi data, interpretasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis yang ditemukan, yaitu terdapat bentuk alih kode tag, alih kode antarkalimat, dan alih kode intrakalimat  dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda. Ada pun bentuk campur kode yang ditemukan, yaitu campur kode pada tataran kata, campur kode pada tataran frasa, dan campur kode pada tataran kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda. Dari masing-masing data tersebut disertai faktor-faktor penyebab terjadinya yang meliputi penutur, perubahan situasi tutur, kehadiran orang ketiga/hadirnya penutur ketiga, dan membangkitkan rasa humor.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.