Efektivitas Model Teams Games Tournament dengan Media Puzzel Kata dalam Menyusun Kalimat Tunggal

Authors

  • Lelly Nur'aini Rahmawati Universitas Brawijaya
  • Warsiman Warsiman Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4736

Keywords:

efektivitas, teams games tournament, puzzle kata

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini untuk melihat efektivitas dari penggunaan metode team games tournament (TGT) melalui bantuan media puzzle pada kemampuan siswa dalam menyusun kalimat tunggal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan model eksperimen melalui desain pre-experimental dan model desain one grup pretest-postest. Seluruh siswa kelas VI SDN Ngumpakdalemm IV yang berjumlah 20 siswa merupakan populasi dalam penelitian ini. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 5 pilihan ganda dan 5 uraian merupakan teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan dua macam analisis statistika yaitu deskriptif dan inferensial. Dari penelitian tersebut ditemukan perbandingan dari nilai pretest ke postest mengalami peningkatan. Hasil analisis statistika deskriptif pada pretest didapat skor rata rata sebanyak 56,1 dan skor postest sebanyak 84,5 dengan variansi pretest 221,7 dan variansi postest 108,7 dan perolehan standar deviasi pretest sebanyak 14,8 dan postets sebanyak 10,4. Analisis kedua menggunakan uji N-Gain didapat hasil 0,63 dengan kategori skor N-Gain tinggi. Maka dapat disimpulkan penggunaan metode team games tournament dengan media puzzle memiliki pengaruh yang signifikan dan efektif untuk diterapkan sebagai penunjang hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Rahmawati, L. N., & Warsiman, W. (2023). Efektivitas Model Teams Games Tournament dengan Media Puzzel Kata dalam Menyusun Kalimat Tunggal. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 236–247. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4736