Kesalahan Penggunaan EYD Edisi V dalam Kompetensi Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP

Authors

  • Nadhira Shafa Kirana Universitas Brawijaya
  • Warsiman Warsiman Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.4737

Keywords:

kesalahan ejaan, menulis, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan EYD V dalam kompetensi menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School (BSS). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan penggunaan EYD Edisi V siswa kelas VIII SMP BSS dalam penggunaan huruf kapital sebanyak 103 atau 36%, kesalahan penulisan kata serapan sebanyak 58 atau 20%,  kesalahan penggunaan tanda baca titik sebanyak 41 atau 14%, kesalahan penggunaan tanda baca koma sebanyak 50 atau 18%, dan kesalahan penulisan kata depan sebanyak 33 atau 12%. Adapun penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah karena penguasaan EYD Edisi V siswa yang rendah. Rendahnya penguasaan tersebut, dikarenakan kurangnya contoh yang diberikan oleh guru, dan kurangnya latihan menulis. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penguasaan siswa pada EYD Edisi V, perlu memperbanyak latihan menulis, dan melaksanakan pembelajaran menulis dengan pendekatan  proses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Astuti, T.I., & Gallant, K.A..(2021). Analisis Kesalahan Ejaan pada Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Kelas XII SMAN 1 Tangen. Prosiding Seminar Nasional SAGA, Surakarta: Agustus 2021, 46-55.

Barus, S.W. (2010).Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Penerbit Erlangga.

KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 10 Oktober 2022].

Lutfianti, K, D. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Oktaviani, Feny, dkk. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Surakarta). Jurnal BASASTRA, 6 (1), 94-109. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37657

Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2019). Puisi Berbasis Hasil Karya Gambar: Upaya Penguatan Literasi Siswa SD Kelas Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 50-60. https://doi.org/10.33366/ilg.v2i1.1559.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widyaningrum, H, K. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Edutama, 5 (2), 85-91. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Kirana, N. S., & Warsiman, W. (2023). Kesalahan Penggunaan EYD Edisi V dalam Kompetensi Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP . Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2). https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.4737