Implementasi Podcast dalam Mata Kuliah Public Speaking

Authors

  • Finny Anita
  • Rahayu Meliasari IKIP PGRI Pontianak
  • Elly Syahadati

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4752

Keywords:

Podcast, Public Speaking Skill, Entertaining, Second 2nd Semester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan podcast untuk keterampilan berbicara di depan umum yang menghibur dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan podcast dalam mata kuliah public speaking Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik observasi dan teknik komunikasi langsung yaitu daftar periksa observasi dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua IKIP PGRI Pontianak. Untuk menganalisis data, peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif naratif. Teknik ini ditentukan melalui tiga langkah, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan (Miles dan Huberman, 1984) dari hasil checklist observasi dan wawancara. Penerapan podcast memiliki keuntungan bagi siswa, salah satunya ketika siswa berlatih podcast dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa, khususnya dalam berbicara. Kegiatan dengan video live podcast mendukung keunggulan penerapan podcast dalam mata kuliah public speaking, dan penerapan podcast dalam mata kuliah public speaking sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara karena metode pembelajaran yang menarik, sehingga dapat menambah wawasan mereka. dan percaya diri dalam berbicara di depan umum. Ini bisa menjadi alasan bahwa menggunakan podcast untuk mengajar siswa bagaimana berbicara bahasa Inggris akan meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Anita, F., Meliasari, R., & Syahadati, E. (2023). Implementasi Podcast dalam Mata Kuliah Public Speaking. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 446–454. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4752