Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Melatih Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4818Keywords:
media pembelajaran, membaca permulaan, anak usia diniAbstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan ketrampilan dasar anak yang akan mempengaruhi keberhasilan anak pada jenjang pendidikan selanjutnya, namun belum banyak pengembangan media pembelajaran untuk melatih membaca permulaan yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui media pembelajaran apa saja yang pernah digunakan oleh guru ketika mengajar dikelas, 2) mengetahui apakah media tersebut efektif untuk melatih membaca permulaan anak usia 4-5 tahun, 3) untuk mengetahui media pembelajaran seperti apa yang dibutuhkan oleh guru untuk melatih membaca permulaan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Partisipan dalam penelitian mencakup 10 tenaga pendidik PAUD di kabupaten Sanggau. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) partisipan pernah menggunakan media pembelajaran dengan berbagai variasi diantaranya adalah puzzle, papan abjad, slime dan flashcard, 2) pembelajaran menggunakan media yang digunakan selama mengajar dikelas belum efektif untuk melatih membaca permulaan, dan 3) menurut partisipan media yang dibutuhkan untuk melatih membaca permulaan adalah media yang menarik agar anak tidak bosan, bisa dibuat oleh guru, media yang bisa membuat waktu belajar jadi efisien, dan media yang bisa digunakan secara berkelompok agar anak merasa sedang berkompetisi sehingga  tidak cepat bosan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.