Peningkatan Kreativitas melalui Model Pembelajaran PJBL Berkearifan Lokal (Studi SWM School Thailand dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.5555Keywords:
project based learning, kearifan lokal, peningkatan kreativitas, Songserm Wittaya Mulniti School Thailand.Abstract
Penelitian ini bertujuan menelaah pemanfaatan model pembelajaran project based learning (PjBL) berkearifan lokal terhadap peningkatan kreativitas siswa serta berbagai manfaat lainnya. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain lapangan diterapkan teknik wawancara dan observasi partisipatif sebagai metode pengumpulan data, serta Songserm Wittaya Mulniti (SWM) School Thailand sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model PjBL, siswa secara bebas dapat mengkreasikan ide-ide untuk menghasilkan sebuah proyek dalam berbagai bentuk produk luaran. Pada studi kasus SWM School terdapat karakteristik yang khas yakni peleburan unsur seni dan budaya berkearifan lokal dalam menjalankan praktik pembelajaran. Adanya pemanfaatan kearifan lokal sebagai perantara media pembelajaran dapat merangsang kreativitas dan minat belajar siswa. Misalnya pada pelajaran Matematika disampaikan melalui tarian dan nyanyian lengkap dengan kostum, atau dalam pembelajaran Bahasa Thailand diadakan peragaan busana, lakon singkat, dan tarian yang merepresentasikan cerita rakyat berkearifan lokal sehingga menarik antusiasme seluruh siswa di lapangan, salah satunya dalam menebak cerita rakyat yang ditampilkan.
Downloads
References
Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik. Pustaka AQ.
Darnia. (2019). Efektivitas Pemberian Penguatan Berkearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Di Kelas III SD Islam Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i1.620
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201-212. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Intan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 209-220. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.964
Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 159-170. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal HISTORIS, 6(1), 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru (Universitas Indonesia, penerjemah). Jakarta: UI Press. Terjemahan dari: Sage Publications.
Nikmah, S., Purnomo, A., & Nisa, A. N. S. (2020). Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Jepara). Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.41324
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan, 30(1), 79-83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sholihawati, M., Rusman, T., Winatha, I. K., & Nurdin, N. (2019). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model PjBL, PBL, dan Discovery Learning dengan Kreativitas Siswa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 2(1), 14-40. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/article/view/21932
Wicaksana, M. F., & Sudiatmi, T. (2021). Budaya Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat Islami Sebagai bahan Ajar Bahasa Indonesia (Local Wisdom Culture in Islamic Folklore as An Indonesian Language Teaching Material). Sawerigading, 27(1), 45-53. https://doi.org/10.26499/sawer.v27i1.865
Widianti, Y. M., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas X OTKP Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kantor di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 59-63. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/30727
Wulandari, W. (2020). Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 5(2), 1-9. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11774
Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (cetakan kelima). Jakarta: Yayasan Obor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.