Peningkatan Kreativitas melalui Model Pembelajaran PJBL Berkearifan Lokal (Studi SWM School Thailand dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia)

Authors

  • Salamah Salamah Brawijaya University
  • Eti Setiawati Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.5555

Keywords:

project based learning, kearifan lokal, peningkatan kreativitas, Songserm Wittaya Mulniti School Thailand.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelaah pemanfaatan model pembelajaran project based learning (PjBL) berkearifan lokal terhadap peningkatan kreativitas siswa serta berbagai manfaat lainnya. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain lapangan diterapkan teknik wawancara dan observasi partisipatif sebagai metode pengumpulan data, serta Songserm Wittaya Mulniti (SWM) School Thailand sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model PjBL, siswa secara bebas dapat mengkreasikan ide-ide untuk menghasilkan sebuah proyek dalam berbagai bentuk produk luaran. Pada studi kasus SWM School terdapat karakteristik yang khas yakni peleburan unsur seni dan budaya berkearifan lokal dalam menjalankan praktik pembelajaran. Adanya pemanfaatan kearifan lokal sebagai perantara media pembelajaran dapat merangsang kreativitas dan minat belajar siswa. Misalnya pada pelajaran Matematika disampaikan melalui tarian dan nyanyian lengkap dengan kostum, atau dalam pembelajaran Bahasa Thailand diadakan peragaan busana, lakon singkat, dan tarian yang merepresentasikan cerita rakyat berkearifan lokal sehingga menarik antusiasme seluruh siswa di lapangan, salah satunya dalam menebak cerita rakyat yang ditampilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik. Pustaka AQ.

Darnia. (2019). Efektivitas Pemberian Penguatan Berkearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Di Kelas III SD Islam Datok Sulaiman Bagian Putri Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i1.620

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201-212. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Intan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 209-220. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.964

Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 159-170. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal HISTORIS, 6(1), 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru (Universitas Indonesia, penerjemah). Jakarta: UI Press. Terjemahan dari: Sage Publications.

Nikmah, S., Purnomo, A., & Nisa, A. N. S. (2020). Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Jepara). Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.41324

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan, 30(1), 79-83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sholihawati, M., Rusman, T., Winatha, I. K., & Nurdin, N. (2019). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model PjBL, PBL, dan Discovery Learning dengan Kreativitas Siswa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 2(1), 14-40. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/article/view/21932

Wicaksana, M. F., & Sudiatmi, T. (2021). Budaya Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat Islami Sebagai bahan Ajar Bahasa Indonesia (Local Wisdom Culture in Islamic Folklore as An Indonesian Language Teaching Material). Sawerigading, 27(1), 45-53. https://doi.org/10.26499/sawer.v27i1.865

Widianti, Y. M., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas X OTKP Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kantor di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 59-63. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/30727

Wulandari, W. (2020). Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 5(2), 1-9. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11774

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (cetakan kelima). Jakarta: Yayasan Obor.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Salamah, S., & Setiawati, E. (2023). Peningkatan Kreativitas melalui Model Pembelajaran PJBL Berkearifan Lokal (Studi SWM School Thailand dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2). https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.5555