Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gapura Kabupaten Sumenep

Authors

  • Eko Adi Sumitro Universitas Wiraraja
  • Hanifatur Rizqi

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5713

Keywords:

kosakata, tata bahasa, kemampuan menulis, eksposisi

Abstract

“Dalam menyampaikan informasi kepada pembaca, diperlukan kemampuan dan penguasaan kosakata untuk menggunakan kata-kata yang baik dan mengikuti tata bahasa yang benar dalam penulisan paparan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gapura Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex-post facto dengan subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan kosakata, tata bahasa, dan menulis eksposisi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis eksposisi, pengaruh positif dan signifikan penguasaan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi, serta pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gapura Kabupaten Sumenep.â€

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eko Adi Sumitro, Universitas Wiraraja

Universitas Wiraraja

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Sumitro, E. A., & Rizqi, H. (2023). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gapura Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 106–123. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5713