Variasi Bahasa Sosiolek pada Tuturan Percakapan Komunitas Motor Bekasi dan Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar

Authors

  • Nining Nursakinah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Uah Maspuroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Januar Ibnu Adham Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.5916

Keywords:

sosiolek, faktor pembentuk, percakapan, komunitas, modul ajar

Abstract

Penelitian ini menelaah variasi bahasa sosiolek dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada tuturan percakapan Komunitas Motor Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor pembentuk variasi bahasa sosiolek pada Komunitas Motor Bekasi serta merangkai modul ajar di jenjang SMA. Fokus penelitian ini membedah kelas kata berdasarkan percakapan penutur. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif dan metode padan. Sementara pendekatan penelitian mengaplikasikan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data digarap dengan observasi, dokumentasi, teknik rekam dan teknik simak libat cakap. Hasil penelitian memperoleh lima bentuk variasi bahasa sosiolek yaitu: (1) bentuk akrolek, (2) bentuk vulgar, (3) bentuk slang, (4) bentuk kolokial, dan (5) bentuk jargon. Adapun faktor-faktor pembentuk variasi bahasa sosiolek dalam Komunitas Motor Bekasi terdapat empat faktor yang ditemukan yaitu; (1) tingkat pendidikan, (2) jenis pekerjaan, (3) latar belakang keluarga, dan (4) lingkungan masyarakat. Hasil penelitian ini dimanfaatkan sebagai penyusunan modul ajar materi teks anekdot jenjang SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nining Nursakinah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Uah Maspuroh, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

M. Januar Ibnu Adham, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Aisah, S., & Noviadi, A. (2018). Ragam Bahasa Lisan Para pedagang Buah Pasar Langensari Kota Banjar. Literasi: : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 2(1), 81–87.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Collins, J. T. (2004). Keragaman bahasa dan kesepakatan masyarakat: pluralitas dan komunikasi. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 149–180.

Collins, J. T. (2005). Bahasa Melayu, Bahasa Dunia – Sejarah Singkat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hartati, D., Kurniasih, K., & Karim, A. A. (2023). Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Tentang Desir Karya Gladhys Elliona. JURNALISTRENDI: JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 8(1), 20–30. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v8i1.1471

Imelda, W. (2015). Pendidikan Multikultural: Upaya Memaknai Keragaman Bahasa di Indonesia. Zawiyah, 1(1), 79–96.

Iye, R., Tenriawali, A. Y., Susiati, A., & Buton, D. (2020). Makna dan Fungsi Emosi Mahasiswa Kota Baubau dalam Ranah Demonstrasi: The Meaning And Emotional Function Of Students Of Baubau City In The Demonstration Plan. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 25–37.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2022). Pemanfaatan Teks Sastra Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. KOLASE, 1(2), 56–68. https://journal.unsika.ac.id/index.php/kolase/article/view/8800

Karim, A. A., Mujtaba, S., & Hartati, D. (2023a). Mbah Bongkok pahlawan mitologis masyarakat Tegalwaru : Analisis skema aktan dan fungsional cerita rakyat Karawang. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 40–55. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22746

Karim, A. A., Mujtaba, S., & Hartati, D. (2023b). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Cerita Rakyat Karawang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Al Muhajirin Tegalwaru. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 47–58.

Karim, A. A. (2022a). Identitas Lokal dan Nilai Budaya Bali dalam Kumpulan Naskah Drama Anak Bulan Kuning Karya Anom Ranuara. Sastra Dan Anak Di Era Masyarakat 5.0 Menguatkan Karakter Nasional Berwawasan Global, 1, 15–28.

Karim, A. A. (2022b). Kajian Struktur dan Konteks dalam Cerita Rakyat Mbah Bongkok serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat Jenjang SMP. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kurniawati, T., Kusumaningsih, C., & Rhamadiyanti, Y. (2015). Pengembangan Draft Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Basic Reading Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 281–293.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Muliawati, H. (2017). Variasi Bahasa Gaul pada Mahasiswa Unswagati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2016. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 42–53. https://doi.org/10.33603/deiksis.v4i2.618

Munawaroh, S., Karim, A. A., & Setiawan, H. (2022). Senyapan dan Selip Lidah dalam Acara Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang 2020. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2306–2315. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2474

Munawaroh, I. (2008). Pengembangan Bahan Pembelajaran Cetak. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Mustikawati, D. A. (2016). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Penjual Dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154

Niriza, R., Sunarti, I., & Agustina, E. S. (2018). Variasi Bahasa dalam Whatsapp Mahasiswa kepada Dosen dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 6(4), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek #ProsaDiRumahAja. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1315–1322. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2143

Pangesti, F., & Wiranto, A. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstualkomunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342–353. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1015

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press.

Puspitasari, D. A., & Mintowati. (2021). Sosiolek dalam Channel Youtube Gritte Agatha. Jurnal Sapala Unesa, 8(03), 26–40.

Ramadhania, A. D., Karim, A. A., Wardani, A. I., Ismawati, I., & Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3531–3540. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2655

Sihabuddin, S. I. (2019). Terampil Berbicara dan Menulis Untuk Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Umum. Araska Publisher.

Sihabudin, H. A. (2022). Komunikasi Antarbudaya: Satu Perspektif Multidimensi. Bumi Aksara.

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57–65.

Wulandari, I. Y., & Munaris, M. (2016). Ragam Bahasa Dalam Talk Show Kick Andy Periode Mei 2015 Dan Pembelajarannya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 4(3), 1–11.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Nursakinah, N., Maspuroh, U., & Adham, M. J. I. (2024). Variasi Bahasa Sosiolek pada Tuturan Percakapan Komunitas Motor Bekasi dan Pemanfaatannya sebagai Modul Ajar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2). https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.5916