Penerapan Permainan Games.co.id Terintegrasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Anekdot Siswa SMA

Authors

  • Teddy Afriansyah Universitas Brawijaya

Keywords:

Problem Based Learning, ular tangga, anekdot

Abstract

Teknologi yang hingga saat ini semakin canggih perlu diimplementasikan penggunaanya di dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan motivasi peserta didik supaya tidak bosan ketika belajar. Namun, problematika di kehidupan nyata terlihat ketika tenaga pengajar yaitu guru masih menggunakan gaya belajar yang monoton, hanya sekedar ceramah panjang yang membuat peserta didik bosan dan mengantuk. Bahkan guru setidaknya perlu adanya inovasi terbaru dari cara gaya mengajarnya yang diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Strategi belajar itu akan diterapkan di dalam salah satu metode yang membuat peserta didik bisa berpikir kritis yaitu Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses penerapan permainan Games.co.id terintegrasi Problem Based Learning pada pembelajaran menulis anekdot siswa SMA dan 2) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa SMA dalam menulis anekdot dengan penerapan permainan Games.co.id terintegrasi Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat yaitu proses pembelajaran dengan penerapan permainan ular tangga berbasis Problem Based Learning berjalan dengan lancar dengan didapat 50% siswa berhasil sampai ke garis finish dari 10 siswa yang mengikuti permainan ular tangga tersebut. Lalu, hasil belajar siswa berupa tes menulis serta mempresentasikan hasil anekdot telah mendapatkan beragam nilai yang diperoleh, mulai dari nilai yang bagus hingga nilai yang terbilang cukup dan tidak kurang. Terakhir, permainan ular tangga berbasis Problem Based Learning ini dapat melatih siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis anekdot dengan sangat terampil dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Teddy Afriansyah, Universitas Brawijaya

Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya yang akan menempuh semester 7 (ganjil). Memiliki pengalaman menerbitkan artikel salah satunya di Jurnal Semantik terakreditasi SINTA 3 berjudul "Metafora Aktivitas Manusia Dalam Kosakata Kekinian Bahasa Indonesia: Kajian Semantik Kognitif". Beberapa artikel lainnya di bidang sastra dan bahasa (sosiolinguistik) sedang dalam proses review dan penerbitan di bulan November 2023 dan Maret 2024.

References

Affandi, Muhammad dkk. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press, 1-4.

Ansoriyah, S. & Dawut, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dengan Media Meme Terhadap Keterampilan Menulis Anekdot Pada Siswa Kelas X SMAN 88 Jakarta. Diglosia - Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(1), 76.

Apriani, N. M. (2019). Meningkatkan Kreativitas Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 8(2), 116.

Filsaime, Dennis K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 20.

Indriani, Md Sri dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 2.

Kemendikbud. (2014). Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud.

Lidinillah, D. A. M. (2013). “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 1.

Lestari, W. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Drama Berdasarkan Anekdot Melalui Teknik Latihan Terbimbing. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3), 5.

Saputra, D. S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 2-3.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 111.

Tampubolon, V. C. (2015). Penerapan Model Treffinger Berbasis Kreativitas Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembang Jawa Barat. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(1), 7.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis. Bandung: Angkasa, 4.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Afriansyah, T. (2023). Penerapan Permainan Games.co.id Terintegrasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Anekdot Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2). Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/6292