Hubungan antara Penguasaan Tata Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X

Authors

  • Eti Sunarsih Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
  • Tika Aprianti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
  • Lili Yanti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara penguasaan tata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas x. Sasaran penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 1 Semparuk. Penelitian ini mencakup beberapa submasalah, yaitu pendeskripsian penggunaan tata bahasa dalam menulis teks eksposisi, pendeskripsian kemampuan menulis teks eksposisi siswa, pendeskripsian hubungan antara penguasaan tata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen. Prosedur pelaksanaan penelitian melibatkan penggunaan tes penelitian sebagai alat pengumpul data. Teknik pengumpul data meliputi teknik pengukuran dan teknik dokumentasi dengan menggunakan tes dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis penelitian kuantitatif. Validitas dan reliabilitas data diverifikasi melalui diskusi dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dosen program studi bahasa Indonesia, serta memastikan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan tata bahasa Indonesia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Semparuk dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 64,53. Selain itu, terdapat hubungan yang cukup signifikan antara penguasaan tata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Semparuk. Hal ini dapat dilihat dari nilai hitung "r" yang lebih besar dari nilai koefisien korelasi pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Kata kunci: Penguasaan Tata Bahasa Indonesia, Menulis Teks Eksposisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, P. S. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional melalui Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 9 (3): 348-356

Ilmiyah, M. (2021). Sistem Deteksi Kesalahan Tanda Baca dan Huruf Kapital pada Karya Tulis Ilmiah Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Boyer-Moore. JINACS: Journal of Informatics and Computer Science, 2 (3): 185-193

Jannah, M. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kurniati, N. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1 (2): 195-200

Men, R. (2017). Proses Penulisan Teks Eksposisi melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Mojoagung. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (1)

Ningsih, W. S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Struktur Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3 (1): 86-94

Saifudin, A. (2022). Identifikasi Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Elementary School (JOES), 5 (2): 361-366

Sidiqin, A. (2022). Kosa Kata Bahasa Indonesia pada Pengguna Instagram terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Metamorfosa, 10 (2): 32-45

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Witasari. (2022). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. IJEETI: Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1 (1): 1-8

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Sunarsih, E., Aprianti , T., & Yanti, L. (2024). Hubungan antara Penguasaan Tata Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X . Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(1). Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/6695