Hubungan antara Penguasaan Tata Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara penguasaan tata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas x. Sasaran penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 1 Semparuk. Penelitian ini mencakup beberapa submasalah, yaitu pendeskripsian penggunaan tata bahasa dalam menulis teks eksposisi, pendeskripsian kemampuan menulis teks eksposisi siswa, pendeskripsian hubungan antara penguasaan tata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen. Prosedur pelaksanaan penelitian melibatkan penggunaan tes penelitian sebagai alat pengumpul data. Teknik pengumpul data meliputi teknik pengukuran dan teknik dokumentasi dengan menggunakan tes dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis penelitian kuantitatif. Validitas dan reliabilitas data diverifikasi melalui diskusi dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dosen program studi bahasa Indonesia, serta memastikan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan tata bahasa Indonesia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Semparuk dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 64,53. Selain itu, terdapat hubungan yang cukup signifikan antara penguasaan tata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Semparuk. Hal ini dapat dilihat dari nilai hitung "r" yang lebih besar dari nilai koefisien korelasi pada taraf signifikansi 5%, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Kata kunci: Penguasaan Tata Bahasa Indonesia, Menulis Teks Eksposisi
Downloads
References
Damayanti, P. S. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional melalui Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 9 (3): 348-356
Ilmiyah, M. (2021). Sistem Deteksi Kesalahan Tanda Baca dan Huruf Kapital pada Karya Tulis Ilmiah Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Boyer-Moore. JINACS: Journal of Informatics and Computer Science, 2 (3): 185-193
Jannah, M. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kurniati, N. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1 (2): 195-200
Men, R. (2017). Proses Penulisan Teks Eksposisi melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Mojoagung. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (1)
Ningsih, W. S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Struktur Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3 (1): 86-94
Saifudin, A. (2022). Identifikasi Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Elementary School (JOES), 5 (2): 361-366
Sidiqin, A. (2022). Kosa Kata Bahasa Indonesia pada Pengguna Instagram terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Metamorfosa, 10 (2): 32-45
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Witasari. (2022). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. IJEETI: Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1 (1): 1-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.